Ragam dan Jenis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
RAGAM DAN JENIS TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI (TIK)
diajukan untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Dasar Tenologi Informasi dan Komunikasi
SD.
Dosen Pengampu : Pajar Anugrah Prasetio, S. Si., M.Pd.

Disusun oleh :
Anang Rusdiana 2015151016
Andiko Budi
Winoto 2015151017
Dian
Mardiyana 2015151045
Fitri Khasanah 2015151074
Muthiatun Najah 2015151127
Ria Reski
Aprilani 2015151153
Ucu Widya
Pratiwi 2015151183
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KUNINGAN
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah
melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan
penyusunan makalah mengenai “Ragam dan Jenis TIK”.
Makalah ini disusun untuk memenuhi salah
satu tugas dari mata kuliah Dasar Tenologi Informasi dan Komunikasi SD.
Tersusunnya makalah ini tentunya tidak lepas dari peran serta berbagai pihak yang
telah memberikan bantuan secara materi dan spiritual, baik secara langsung
maupun tidak langsung. Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada :
1. Bapak Pajar
Anugrah Prasetio, S. Si., M.Pd. selaku dosen mata kuliah Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi SD.
2.
Orangtua yang
telah memberikan dukungan dan bantuan kepada kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan.
3.
Teman-teman
yang telah membantu dan memberikan dorongan semangat agar makalah ini dapat
diselesaikan.
Demikian yang dapat kami sampaikan.
Kami sadar dalam penulisan dan penyusunannya masih jauh dari kata sempurna.
Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangunakan senantiasa kami
nanti dalam upaya evaluasi diri.
Kuningan, Oktober 2017
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.................................................................................. i
DAFTAR ISI................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang................................................................................... 1
B. Rumusan Masalah............................................................................... 2
C. Tujuan Penulisan................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian TIK................................................................................... 3
B. Ragam dan Jenis TIK......................................................................... 4
BAB III Kesimpulan dan Saran
A.
Kesimpulan..................................................................................... 13
B.
Saran............................................................................................... 14
DAFTAR PUSTAKA................................................................................ 15
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Zaman dahulu untuk melakukan komunikasi dengan
tetangga kita menggunakan kareng yang di hubungkan dengan benang ataupun dengan
mengandalakan tukang pos untuk mengirim surat kepada orang lain, itu pun
membutuhkan waktu yang sangat lama. Tetapi sekarang dengan perkembangan jama
yang semakin maju, sudah banyak alat teknologi
informasi dan komunikasi yang meudahkan kita untuk berkomukasi jarak
jauh. Oleh karena itu, teknologi informasi dan komuniksi harus kita pelajari
agar kita tahu perkembangan teknologi masa kini.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat
ini sangat berkembang cepat. Ini ditandai dengan terus munculnya berbagai ragam
dan jenis alat teknologi informasi dan komunikasi yang semakin menunjukkan
kehebatannya dalam penggunaan alat tersebut. Semua penciptaan alat teknologi
dimaksudkan untuk memudahkan komunikasi manusia.
Perkembangan jaman yang semakin meningkat memaksa
kita untuk mengetahui dan memahamhi apa itu Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Dengan mengetahui dan memahami TIK akan memudahkan kita itu melakukan aktifitas
dengan menggunakan teknologi masa kini. TIK juga merupakan sebuah kebutuhan
yang harus kita pelajari. Sekarang ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
sudah diperkenalkan kepada peserta didik sejak di bangku Sekolah Menengah
Pertama (SMP). Dengan demikian ketika kita mempelajari mengenai TIK di tingkat
perkuliahan merupakan hal yang tidak asing lagi bagi kita.
Teknologi informasi dan komunikasi memiliki ragam
dan jenis alat yang harus kita ketahui agar kita bisa mengikuti perkembangan
jaman saat ini. Dimulai dari perangkat keras (hardware) sampai ke perangkat lunak (software). Oleh karena itu pada makalah ini, kita akan mempelajari
mengenai ragam dan jenis teknologi informasi dan komunikasi yang ada di dunia
sehingga kita lebih mengenali teknologi masa kini yang sudah diciptakan oleh
para ahli.
B. Rumusan
Masalah
Agar
pembahasan masalah dalam makalah ini
terarah dan tidak terlalu luas, maka penulis merumuskan masalah-masalah
tersebut dalam beberapa pertanyaan sebagai berikut:
1.
Pengertian Teknologi Informasi dan
Komunikasi
2.
Ragam dan Jenis Teknologi Informasi dan
Komunikasi
C. Tujuan
Penulisan
Adapun
tujuan penulisan yang ingin dicapai oleh penulis dalam pembentukan makalah ini,
adalah:
1.
Untuk mengetahui Pengertian Teknologi
Informasi dan Komunikasi
2.
Untuk mengetahui Ragam dan Jenis
Teknologi Informasi dan Komunikasi
BAB II
RAGAM DAN JENIS TIK
A. Pengertian
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Information
and Communication Technologies (ICT) atau yang biasa disebut dengan Teknologi
Informasi dan komunikasi merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari
kemajuan di dunia yang semakin global ini. Teknologi merupakan suatu yang
berkaitan dengan segala kemudahan yang tersedia bagi manusia yang merupakan
hasil pemikiran dengan memanfaatkan segala kekayaan alam dan memanfaatkan
sesuatu yang ada disekelilingnya. Sedangkan, informasi dapat dikatakan sebagai
segala hasil dari suatu fenomena atau kejadian dapat berupa lisan maupun
tulisan yang dapat dibuktikan kebenarannya atau sesuai dengan apa yang telah
terjadi, informasi yang benar ini jika disamapaikan keselurahan tidak setengah
– setengah. Komunikasi sendiri berarti suatu proses menyampaikan pesan atau
informasi dari pemberi informasi kepada penerima informasi dapat berupa suatu
ide atau gagasan yang biasanya dengan cara lisan agar lebih dapat dipahami.
Pengertian
teknologi komunikasi dan informasi seperti yang dikemukakan oleh Kurniawan
(2010: 17) bahwa TIK merupakan cara untuk mempermudah orang untuk berkomunikasi
dengan sesamanya. Sedangkan pengertian teknologi informasi dan komunikasi
menurut Riwayadi (tanpa tahun) adalah suatu teknologi untuk mengolah data,
termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam
berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi
yang relevan, akurat dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi,
bisnis dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk
pengambilan keputusan. Jadi, berdasarkan pengertian di atas bahwa Teknologi
Informasi dan Komunikasi digunakan sebagai cara untuk menghasilkan suatu data
dengan melalui pemrosesan, penyusunan, penyimpanan, maupun memanipulasi
sehingga dihasilkan suatu informasi yang relevan berarti sesuai dengan data
akurat dapat dibuktikan kebenarannya dan tepat waktu, informasi inilah yang
dapat digunkan untuk keperluan pribadi, bisnis maupun pemerintahan dan
informasi inilah sangat baik jika pada akhirnya diambil menjadi suatu
keputusan.
Menurut
Behan dan Holme dalam Zulkarnaen (2014:9) Teknologi informasi dan komunikasi
adalah segala sesuatu yang mendukung
untuk me-record, menyimpan, memproses, mendapat lagi, memancar/mengantarkan,
dan menerima informasi. Dapat dikatakan bahwa Teknoloi Informasi dan Komunikasi
ini segala sesuatu atau kemudahan yang mendukung segala aktivitas manusia dalam
kehidupannya berkaitan dengan pemerolehan informasi yang lebih mudah sehingga
hal tersebut sangat membantu dalam setiap kegiatan manusia.
B. Ragam
dan Jenis Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perkembangan
tekhnologi informasi dan komunikasi memungkinkan pemanfaatan fungsi berbagai media pembelajaran
dengan seperti menyampaikan informasi dan materi pembelajaran
dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, film, bahkan interaksi. Melalui teknologi
informasi dan komunikasi,
konsep-konsep abstrak dapat disajikan secara lebih nyata dalam proses pembelajaran
untuk memudahkan memahaminya. ICT memiliki 2 jenis, yaitu :
1. Teknologi
Informasi dan Komunikasi berbasis Elektronik
Teknologi informasi dan komunikasi berbasis elektronik contohnya pembelajaran berbasis komputer yaitu
penggunaan komputer sebagai alat bantu dalam hal pendidikan dan pengajaran.
Penggunaan komputer secara langsung dengan peserta didik untuk menyampaikan isi
pelajaran, memberikan latihan dan mengevaluasi kemajuan belajar peserta didik.
Materi pembelajaran bisa dibuat dalam bentuk powerpoint ataupun CD pembelajaran
interaktif. Teknologi informasi dan komunikasi berbasis elektronik antara lain ;
a)
Telepon Genggam
Telepon
genggam (telgam) atau telepon
seluler (ponsel) atau handphone (HP) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan
dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun
dapat dibawa ke mana-mana (portabel/mobile) dan tidak perlu
disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Dalam Santoso (tanpa tahun)
bahwa telpon seluler (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP)
atau disebut juga sebagai perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai
kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun
dapat dibawa kemana – mana (portable, mobile) dan tidak perlu disambungkan
dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel,wireless). Jadi menurut,
pendapat diatas bahwa telepon genggam itu merupakan alat teknologi informasi
dan komunikasi yang sangat memudahkan manusia, karena alat ini diapat digunakan
tanpa menggunakan kabel sehingga lebih mudah untu dibawa kemana – mana. Terkait
dengan fungsi dan manfaat telepon genggam seperti yang dikemukakan oleh
Triratnawati (2003:98) mulai dari memudahkan proses komunikasi, mengirim pesan
pendek, sarana hiburan, penyimpanan data, internet , dan kalkulator maupun
aktivitas lainnya.
1) Memudahkan proses komunikasi
Kepemilikan telepon genggam pada hakikatnya adalah
dimaksudkan untuk memudahkan komunikasi. Bagi pemiliknya, kepemilikan telepon
genggam ini tidak hanya dipakai untuk melancarkan tugasnya terkait dengan
pekerjaannya. Tetapi kepemilikan telepon genggam ini berfungsi sosial misalnya
untuk menghubungi anggota keluarga. Sementara into, untuk para pekerja
professional seperti dokter, pengacara digunakan untuk menjalin hubungan atau
komunikasi dengan kliennya. Berbeda lagi dengan para pedagang, kepemilikan
telepon genggam ini untuk hubungan dengan relasi atau pelanggan dan misalnya
untuk pelajar/mahasiswa rantau kepemilikan telepon genggam ini untuk
menghubungi orangtua. Pemakaian telepon genggam ini akan memudahkan seseorang
dihubungi dimanapun ia berada masih dalam jangkauan sinyal itu.
2) Mengirim pesan pendek
Telepon genggam ini memudahkan penggunanaya untuk mengirim
pesaan pendek karena tidak dapat dipungkiri bahwa ada saja hal – hal atau
informasi yang perlu disampaikan oleh seseorang kepada orang lain ditengah
keterbatasan waktu yang ia miliki.
Salah satu fasilitas yang cukup terait dengan telepon
genggam ini adalah pengiriman pesan pendek atau Short essage Service (SMS). Melalui SMS ini, seseorang akan
menghemat biaya karena beban biaya yng lebih murah jika dibandingkan dengan
berbicara. SMS ini snagat digemari karena kaum muda karena mereka tetap bisa
saling berkomunikasi denan orang lain melalui symbol berupa huruf, angka dan
tanda (suara) dan sebaai sarana untuk tukar menukar informasi bagi pengirimnya.
Komunikasi tanpa batas ini dianggap snagat membantu kebutuhan manusia akan
komunikasi yan ceepat, murah dan tepat. Dengan deikian, alat berupa telepon
genggam ini merupakan budaya karya manusia yang dimaksudkan untuk memenuhi
kebutuhan manusia agar hidup menjadi semakin nyaman.
3) Fasilitas hiburan
Fasilitas yang dimaksudkan disini itu bahwa dalam telepon
genggam ada berbagai fasilitas yang disediakan perangkat ini, misalnya games yang mempunyai daya tarik
tersendiri bagi penggunanya. Fasilitas permaianan yang semakin beragam biasanya
disediakan oleh telepon genggam yang serinya lebih baru dibandingkan dengan
telepon genggam seri lama. Bahkan fasilitas video misalnya berbagai aplikasi
terkait dengan permainan disediakan oleh perangkat ini. Dengan demikian,
kebutuhan akan hiburan bagi pemaiaknya dapat terpenuhi.
4) Bisa dihubungkan ke internet untuk
mengakses data
Kepemilikan telepon genggam ini sangat berguna jika
penggunanya bisa memanfaatkan telepon genggam ini. Misalnya para pekerja
menggunakan telepon genggam misalnya untuk mengirim data ke kantor bagi pekerja
yang bekerja di lapangan, maupun mengakses data – data yang terkait dengan
pekerjaannya. Demikian pula, untuk jenis
pekerja untuk jenis pekerja tertentu, termasuk mahasiswa yan membutuhkan
informasi tertentutentang suatu topic, mereka akan mengakses internet malalui
telepon genggamnya. Dengan telepon genggam juga, memudahkan seseorang untuk
mengetahui berita terkini dengan lebih cepat dan efisien.
b)
Satelit
Satelit adalah benda yang mengorbit benda
lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni satelit alam dan satelit buatan
c)
Faksimile
Faksimile atau biasa dikenal dengan faks, berasal dari kata 'fac simile' (make
similar) dalam bahasa latin, yang artinya membuat salinan yang sama dengan
aslinya. Dalam bidang yang lain, mesin faks juga dapat disebut telecopier. Mesin faks adalah
peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan
dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya.
d)
Televisi
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran
gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Dalam Tardiaja (2011:
9) bahwa pada TV gambar yang dihasilkan pada layar sebenarnya adalah
serangkaian gambar diam yang ditampilkan berurutan dalam kecepatan tinggi.
Untuk menghasilkan satu gambar, electron ditembakkan di belakang layar televise
yang berbentuk tabung electron. Bagian – bagian yang ada pada televise antara
lain, penembak layar, antenna, pengatur waktu, pengatur warna, pengatur gambar,
pengatur suara dan pemilih saluran atau biasa disebut control. Tujuan media televise sendiri seperti yang
dikemukakkan oleh Jayarni,dkk (2015: 105) bahwa media televise yang bersifat
visual dapat membantu anak – anak belajar karena gerak tersebut menarik
perhatian mereka ke layar televise tersebut sehingga mereka dengan mudahnya
menyimak pesan dari televise tersebut. Manfaat televise saat ini bukan hanya
sekedar tontonan atau sarana hiburan saja tetapi bertujuan untuk menunjang
kurikulum sebagai tujuan pendidikan atas dasar inilah televise dapat digunakan
sebagai media pembelajaran dalam menunjang proses belajar agar dapat mencapai
tujuan pendidikan nasional. Media televise bertujuan untuk menyalurkan
informasi atau pesan belajar, sejak saat itu televise bukan hanya sekedar alat
bantu guru saja tetapi melainkan sebagai penyalur ilmu pengetahuan terhadap
siswa.
e)Radio
Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal
dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang
elektromagnetik).
Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat
ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium
pengangkut (seperti molekul udara). Dalam Ahmad (2015: 243) mengemukakan bahwa
pada ranah kepenyiaran, radio sebagai media massa
komunikasi elektronik tentunya ada beberapa kekuatan yang di miliki oleh radio
itu sendiri diantaranya :
1.
Menjaga mobilitas
Radio tetap berusaha agar mobilitas
pendengar tetap tinggi. Radio dapat didengar tanpa harus menghentikan
aktivitas, misalnya sambil mengemudikan kendaraan, belajar, bekerja, dan
sebagainya. Keberadaan radio dalam setiap kesempatan dirasakan tidak menganggu.
Radio yang hanya berupa audio ini tetap bisa memberikan informasi tanpa
penayangan secara visual seperti pada televise maupun lainnya.
2.
Informasi tercepat
Radio dapat dikatakan sebagai
pemberi informasi tercepat. Dibandingkan dengan media cetak dan televisi,
selain lebih cepat dalam proses penayangan informasi dan lebih murah dalam
proses operasionalnya, radio dimungkinkan untuk menyebarkan informasi seketika.
3. Auditif
Meskipun hanya memproduksi suara
bukan visual seperti media cetak atau visual bergerak seperti televisi, namun
radio tetap dianggap memiliki keunggulan. Alasannya, proses operasional relatif
lebih mudah, biaya operasionalnya murah, selain itu komunikasi dengan suara
mempunyai kelebihan dalam pendekatan kepada pendengar.
4. Menciptakan theatre
of mind. Produksi radio yang hanya berupa suara tanpa gambar, justru mampu
menciptakan ‘imajinasi’ yang sering menggoda penasaran pendengar.
Semisal, ketika mendengar suara penyiar ataupun penceramah, di benak pendengar
akan muncul imajinasi tentang sosok sang penyiar sesuai dengan batasan
fantasinya dengan mengolah karakter suara penyiar tersebut. Kekuatan imajinasi
sering juga diistilahkan dengan theatre of mind.
5. Komunikasi personal
Sifat radio dengan komunikasi
personalnya sangat menguntungkan akan keakraban antara radio dengan pendengar
sehingga ikatan kebutuhan dan saling menguntungkan menjadi kuat.
6.
Murah
Tidak disangkal bahwa dalam beberapa
hal radio merupakan media komunikasi massa yang murah jika dibandingkan dengan
media cetak dan televisi. Murah, karena pendengar pada umumnya tidak perlu
membayar untuk mendengarkan radio. Beda dengan media cetak yang harus dibeli.
7.
Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk
percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal
listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk
berkomunikasi dengan pengguna lainnya.
2. Teknologi
Informasi dan Komunikasi berbasis internet
Pembelajaran berbasis web/ internet, Sekolah harus
menyediakan/ membuat website sekolah yang diantaranya berisi materi-materi
pelajaran. Setiap pengajar harus memiliki blog sendiri yang berisi mata
pelajaran yang diajarkan, bisa berkomunikasi tentang materi pelajaran dengan
peserta didik di dunia maya, dengan demikian akan tercipta virtual class room
(kelas dunia maya) yang dapat memotivasi dan menambah wawasan pengetahuan
peserta didik. Merupakan sumber data dan informasi yang diperoleh dan didapat
secara online yang berguna untuk menambah referensi dan sebagai perbandingan
bagi penelitian kepustakaan dan dokumentasi serta literatur untuk mendapatkan
data sekunder guna memperkuat argumentasi dan presentasi. Konsep yang juga sangat
erat kaitannya dengan teknologi adalah E-Learning atau yang bisa disebut dengan
electronic learning. E-learning merupakan suatu cara belajar dengan
memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan informasi dan mengakses data. Salah
satu contoh media yang dapat digunakan sebagai media e-learning adalah
internet, radio, dan televisi. Contoh ICT berbasis internet antara lain :
a) Elektronik mail (e-mail)
Electronic
mail (e-mail), mulai diperkenalkan tahun 1971. Fasilitas ini sering disebut
sebagai surat elektronik, merupakan fasilitas yang paling sederhana dan mudah
digunakan. Dalam survei yang dilakukan sebuah lembaga riset Amerika Serikat
(Graphics, Visualization and Usability Center) diketahui bahwa 84% responden
memilih e-mail sebagai aplikasi terpenting internet, lebih penting daripada
web.
b) Mailing List
Mailing List, mulai diperkenalkan setelah e-mail yaitu sejak
tahun 1972. Ini merupakan salah satu fasilitas yang dapat digunakan untuk
membuat kelompok diskusi atau penyebaran informasi. Cara kerja mailing list
adalah pemilik e-mail dapat bergabung dalam sebuah kelompok diskusi, atau
bertukar informasi yang tidak dapat diintervensi oleh orang di luar
kelompoknya. Komunikasi melalui fasilitas ini sama seperti e-mail bersifat
tidak langsung (asynchronous)
c) News group
News group, adalah fasilitas internet yang dapat dilakukan
untuk komunikasi antar dua orang atau lebih secara serentak atau bersifat
langsung (synchronous). Bentuk pertemuan ini sering disebut sebagai konferensi,
dengan fasilitas video conferencing, atau text saja, atau bisa audio dengan
menggunakan fasilitas chat (IRC).
d) File Transfer Protocol (FTP)
Melalui fasilitas File Transfer Protocol (FTP) ini seseorang
dapat menstransfer data atau file dari satu komputer ke internet (up-load)
sehingga bisa diakses oleh pengguna internet di seluruh pelosok dunia. Di
samping itu fasilitas ini dapat mengambil file dari situs internet ke dalam
komputer pengguna (down-koad).
5) Word Wide Web (Www)
World
Wide Web atau sering disebut Web mulai diperkenalkan tahun 1990-an. Fasilitas
ini merupakan kumpulan dokumentasi terbesar yang tersimpan dalam berbagai
server yang terhubung menjadi suatu jaringan (internet). Dokumen ini
dikembangkan dalam format Hypertext Markup Language (HTML). Melalui format ini
dimungkinkan terjadinya link dari satu dokumen ke dokumen lain dan fasilitas
ini bersifat multimedia, yang terdiri dari kombinasi teks, foto, grafik, audio,
animasi, dan video.
BAB
III
KESIMPULAN
DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan kegiatan untuk memudahkahn aktifitas
manusia dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan jaman yang terus berkembang
dan semakin pesat membuat TIK menjadi makanan sehari-hari yang harus dikonsumsi
oleh masyarakat. Sehingga sekarang ini
TIK sudah dipelajari dari tingkat
Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai jenjang seterusnya TIK masih tetap
digunakan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki
ragam dan jenisnya, untuk jenis TIK memiliki dua golongan, yakni Teknologi
Informasi dan Komunikasi berbasis elektronik dan Teknologi
Informasi dan Komunikasi berbasis internet. Komunikasi berbasis elektronik merupakan penggunaan alat bantu yang memudahkan
dalam kegiatan kehari-hari salah satunya dalam hal pendidikan dan pengajaran,
contoh nya seperti telepon genggam, satelit, faksimile, televisi,
radio, telepon. Alat tersebut memiliki peran dan kegunaan masing –masing.
Selanjutnya Teknologi Informasi dan Komunikasi berbasis internet merupakan sumber data dan informasi yang diperoleh dan
didapat secara online yang berguna dalam kegiatan manusia salah satunya dalam
hal pembelajaran, contoh dari Teknologi Informasi dan Komunikasi berbasis internet adalah word wide web (www), file transfer protocol (ftp), news
group, mailing list, elektronik mail (e-mail). Contoh tersebut miliki peran dan
fungsinya masing-masing.
Sudah dapat diketahui bahwa Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) merupakan hal yang dibutuhkan oleh masyarakat
guna mengikuti perkembangan jaman di dunia. Semua orang harus bisa mengusai Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) karena apabila kita tidak mempelajari mengenai
hal tersebut di khawatirkan kita tidak bisa menyesuaikan dengan perkembangan
zaman.
B.
Saran
Saran kepada calon
pendidik atau peserta didik kita harus bisa menguasai hal yang mengenai
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dapat memudahkan kita dalam
kegiatan sehari-hari. Dengan membaca makalah ini diharapkan bisa mengetahui dan
memahami beberapa hal yang ada di Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Sehingga kita bisa menggunakan hal-hal mengenai TIK dalam kegiatan sehari-hari
khususnya dalam hal ragam dan jenis yang ada Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK). Dengan demikian kita bisa menyeimbangkan perkembangan zaman yang sedang
berkembang.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad,
N. (2015). Radio sebagai Sarana Media Massa Elektronik Vol. 3 No. 2. Diakses
pada journal.stainkudus.ac.id. Pada 19 Oktober 2017.
Jayarni,. Imra, dan Septiwiharti, . (2015). Dampak Menonton Siaran Televisi Terhadap
Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SD Negeri 1 Posona
Kecamatan Kasimbar Vol. 2 No. 4. Diakses pada jurnal.untad.ac.id Pada 19
Oktober 2017.
Kurniawan, E., dan Rachnat, A. (2010).
Teknologi Komunikasi dan Informasi. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian
Pendidikan Nasional Tahun 2010.
Riwayadi,
Purwo. (tanpa tahun). Pemanfaatan Perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Kemajuan di Indonesia. diakses di https://imadiklus.com.
Pada 19 Oktober 2017.
Santoso,
STO. (tanpa tahun). Perkembangan Teknologi Handphone. Diakses
pada ilumti.or. di tanggal 19 Oktober 2017
Tardiaja.
(2011). Bahan Ajar Teknologi Komunikasi.
Triratnawati,
A. (2003). Aspek Simbolisme Telepon Genggam Vol. 15 No. 1. Diakses pada
download.portalgaruda.org di tanggal 19 Oktober 2017.
Zulkarnaen.,
M. (2014). Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi. Diakses pada
digilib.uinsby.ac.id. di 19 Oktober 2017.
Komentar
Posting Komentar